Semakin kita pintar, semakin banyak yang harus kita pelajari.

Blog Teman
kirim sapaan untuk menjadi blog teman.

Penerjemah Bahasa Sunda

Penerjemah Bahasa Sunda
Siapa yang tak kenal Google, raksasa search enginer ini tak henti-hentinya melakukan inovasi di bidang teknologi, khususnya internet. Walaupun tampilannya sangat sederhana, tapi terbukti kemampuan Google dapat menjadikannya situs nomor satu yang "wajib" dikunjungi oleh  para penjelajah dunia maya. Selain search enginer Google juga  mempunyai satu  produk yang bernama  Google Translate. Situs yang beralamat di http://translate.google.com/ ini dapat dikatakan penerjemah yang paling ampuh bila dibandingkan dengan situs-situs lain ataupun  aplikasi-aplikasi yang ada. Selain susunan bahasanya lebih akurat, kelengkapan bahasa yang tersedia pun lebih banyak, diantaranya Indonesia, Jepang, Korea, Belanda, Perancis, Italia, Spanyol, dan lainnya yang seluruhnya berjumlah 52 bahasa (sampai artikel ditulis).
 
OK, cukup untuk membahas Google, karena sudah pasti banyak yang tahu, bahkan lebih tahu dari saya sendiri. Kali ini saya akan mengajak kamu untuk mengenal sebuah situs yang beralamatkan di http://tarjamah.sabilulungan.org/. Dari alamat situsnya, kita mungkin sudah bisa menebak situs apakah itu. Yah, itu adalah sebuah situs penerjemah bahasa seperti Google Translate yang dikembangkan oleh Dian Tresna Nugraha. Bedanya adalah, kalau Google Translate menerjemahkan bahasa-bahasa di tingkat Internasional, kalau situs yang diberi nama Loka Tarjamah Otomatis Indonésia – Sunda ini menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa daerah, yaitu Sunda (mungkin karena yang bikinnya urang Sunda yah...). Kita bisa mengetikkan bahasa  Indonesia yang mau kita terjemahkan ke kolom yang sudah disediakan, atau memasukkan link sebuah situs yang bahasanya mau kita ubah ke bahasa Sunda.
 
"Salah sahiji kategori anu disiapkeun dina blog ieu téh "Manusa". Niatna, nulis ngeunaan sipat-sipat rongkah anu kuring termui dina kahirupan sapopoé. Sipat anu rongkah éta lain ngan sipat populer melainkan leuwih dina sosok-sosok anu inspiratif. Inspiratif buat kuring, inspiratif buat masarakat séjén sacara lega."
 
Paragraf di atas merupakan contoh hasil terjemahan situs Loka Tarjamah Otomatis Indonésia – Sunda yang bisa dikatakan akurat. Selain itu, kita bisa menambahkan situs ini sebagai widget penerjemah di blog/situs yang kita miliki. Inilah salah satu contoh blog yang telah menggunakan penerjemah bahasa Indonesia – Sunda.
1

Walaupun saya sendiri sebenarnya bukan orang Sunda, tapi saya merasa bangga dengan adanya situs ini, karena ditengah berkecamuknya ide pemikiran global, masih ada orang yang semangat untuk bertindak lokal, memanfaatkan teknologi untuk menjaga kelestarian bahasa suatu daerah.  Dengan adanya situs ini, mudah-mudahan akan muncul situs-situs sejenis yang menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa daerah lainnya, seperti Jawa, Batak, Makasar, dan lainnya. Bagi yang ingin mempelajari bahasa Sunda atau hanya sekedar untuk mengerjakan tugas bahasa Sunda, situs ini dapat dijadikan alat referensi kita dalam mempelajari bahasa Sunda.
 
Oh iya, bagi yang ingin menambahkan penerjemah tersebut ke dalam situs atau blognya, caranya mudah. Tambah widget untuk menambah script HTML/JavaScript, kemudian tulis script di bawah ini.
 
<a href="http://tarjamah.sabilulungan.org/loka.php?article=http%3A%2F%2Fsitus-kamu.com&amp;Kintun=Kintun&amp;Konci=3fbf08eefdf73e927552b9fde6e8bfcc">Sunda </a>
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 16 Desember 10 - 23:03 WIB
Dalam Kategori : BAHASA, PENERJEMAH, TRANSLATE, SUNDA
Dibaca sebanyak : 5723 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
triyana suryakusumah g.triyana suryakusumah g. · wow.. saya baru tau ada situs tersebut.. hatur nuhun gan.. Senang 
Diposting pada : Rabu, 22 Desember 10 - 07:34 WIB
Abby AR [MI-14/08]Abby AR [MI-14/08] · iya.. sebenernya udh tau lama, cuma baru sempet posting..
Diposting pada : Rabu, 22 Desember 10 - 16:17 WIB
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Posisi
Alexa Rank